4 Makanan Khas Lamongan yang Menggugah Selera

Lamongan merupakan kota yang terletak di Jawa Timur. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata seperti Gua Maharani dan Wisata Bahari Lamongan. Selain itu, ada berbagai makanan khas Lamongan yang menggugah selera dan patut dicoba.
Makanan ini bisa disantap langsung saat berlibur di kota Lamongan. Ada juga makanan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Rekomendasi Makanan Khas Lamongan

Ada berbagai makanan khas Lamongan yang biasa dicoba para wisatawan saat berada di kota ini. Misalnya Soto lamongan, wingko babat, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Soto Lamongan

Soto memang makanan yang ada di berbagai daerah. Namun soto lamongan mempunyai ciri khas yang berbeda. Dikutip dari buku Soto Nusantara: Aroma dan Kelezatan Warisan Kuliner Indonesia, Tajir Bambu (2023: 22), ciri khas dari soto Lamongan ialah kuah santan yang kaya dan gurih.

Soto Lamongan dibuat dari rempah-rempah pilihan sehingga dapat menghasilkan rasa kuah gurih. Selain itu, soto Lamongan juga mempunyai telur pindang yang direbus dengan berbagai bumbu sehingga membuatnya menjadi lebih enak.

  1. Wingko Babat

Meskipun wingko babat menjadi oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia, tapi sejatinya jajanan tradisional ini berasal dari Lamongan, yakni Kecamatan Babat. Dari situlah nama wingko babat berasal.

Wingko babat terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula pasir. Jika berminat membelinya, maka para wisatawan bisa mengunjungi salah satu produsen wingko babat yang terkenal, yaitu Loe Lan Ing.

  1. Keripik Sunduk

Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari ikan sunduk yang merupakan hewan khas Lamongan. Bentuknya seperti kakap atau tenggiri. Ikan ini juga hidup di laut sehingga keripik ini merupakan salah satu contoh olahan seafood di Lamongan.

Berbagai toko oleh-oleh biasanya menjual keripik sunduk ini sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Selain itu, keripik sunduk juga dapat tahan lama. Itulah mengapa keripik ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Asem Bandeng

Bandeng merupakan ikan yang mudah ditemukan di Lamongan. Hal ini disebabkan oleh posisi Lamongan yang berada dekat dengan laut sehingga ada berbagai kawasan air payau, habitat asli ikan bandeng. Itulah mengapa, asem bandeng menjadi makanan khas di sana.

Tak seperti namanya, rasa dari makanan ini tidaklah asam. Biasanya makanan ini disajikan dalam kuah bening dan nasi yang hangat.

Itulah berbagai makanan khas Lamongan yang menggugah selera. Selain makanan-makanan tersebut, ada juga nasi boranan dan marning yang patut dicoba. (LOV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *