Mengenal Sawut Kuliner Khas Asal Temanggung

Sawut Singkong (Instagram/@dr.zaidulakbar.detox)

Travelnesia.id, Kuliner – Temanggung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah diantara kabupaten Wonosobo dan Magelang. Daerah kecil ini menyimpan sejuta sajian kudapan unik.

Mawut

Salah satu karya kuliner khas Temanggung yang satu ini adalah sawut, yang berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Mawut jika berasal dari kata Mawut atau yang berarti berantakan.

Sawut ini memiliki tekstur yang lumayan berantakan namun dari segi citarasanya tidak bisa disangkal kelezatannya. Berdasarkan pantauan Smkedu di kanal Youtube Trans7 Official bertajuk Membuat Khas Temanggung dalam tayangan Jejak Anak Negeri, Jumat (15/4/2022), sawut merupakan kudapan khas Kabupaten Temanggung yang bahan dasarnya berasal dari singkong.

Cara Membuat

Cara membuatnya sangat mudah, pertama singkong dikupas dari kulitnya lalu diparut dengan onkrok, semacam alat parutan yang dirancang khusus untuk singkong. Setelah selesai diparut, parutan singkong tersebut diberi gula, setelah itu supaya menarik, parutan singkong diberi pewarna makanan.

Setelah diberi pewarna makanan dengan merata, parutan singkong dikukus hingga matang dan bertekstur agak kenyal. Saat disajikan, sawut yang merupakan karya kuliner khas Temanggung ini ditaburi dengan parutan kelapa untuk memberikan sensasi gurih.

Asal

Sebenarnya, makanan ini berasal dari Yogyakarta dengan nama pasrah dan merupakan salah satu jajanan pasar. Namun sekarang sudah menyebar ke semua penjuru Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Temanggung. Untuk versi orisinilnya, makanan ini dicampur dengan gula merah lalu dikukus, namun karena berkembangnya zaman, akhirnya ditambah pewarna untuk lebih menarik.

Kudapan ini biasanya dijadikan sebagai teman minum teh saat pagi hari sebagai apetizer. Rasa makanan ini perpaduan antara manis dan gurih karena diberi parutan kelapa di atasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.