Jejak Misteri Goa Jimat Dieng: Tragedi Wisatawan Jerman Tersimpan sejak 1918

Dieng
Jejak Misteri Goa Jimat Dieng: Tragedi Wisatawan Jerman Tersimpan sejak 1918

TRAVELNESIA.ID, Wonosobo – Mungkin banyak yang menganggap Dieng sebagai destinasi wisata populer karena keindahannya, tetapi di balik keindahan itu, Dieng juga dianggap sebagai tempat yang penuh misteri oleh sebagian orang, terutama mereka yang memiliki keahlian di bidang supranatural.

Salah satu tempat misterius di Dieng adalah Goa Jimat, dianggap sebagai tempat penyimpanan Pusaka Sakti oleh sebagian masyarakat setempat. Goa Jimat berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Namun, di balik misteri tersebut, Goa Jimat memiliki potensi bahaya yang dapat mengancam siapa saja yang mencoba mengunjunginya, karena letaknya yang berada di bekas kawah yang mengandung gas CO2 berbahaya.

Bacaan Lainnya

Bukti dari potensi bahaya ini terjadi pada tragedi yang menimpa seorang wisatawan asal Jerman bernama Herman Keller pada tanggal 12 Mei 1918. Yap Kiong Jun menulis dalam Intisari pada tahun 1965 tentang Hermann Keller yang mencoba menguji kebenaran tentang gas beracun di Goa Jimat. Meskipun meninggalkan penunjuk jalannya di belakang, Herman Keller nekat memasuki daerah berbahaya tersebut.

Ketika penunjuk jalannya mencapai tepi Goa Jimat, Hermann Keller ditemukan terbaring sebagai mayat. Yap Kion Aun mencatat bahwa nama Hermann Keller masih dikenang oleh orang-orang tua yang pernah datang ke Dieng pada waktu itu. Kuburan Hermann terletak di pinggir jalan kecil menuju Goa Jimat, seolah-olah sebagai peringatan agar tidak ada orang yang sembrono mencoba melakukan hal serupa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *