Desa Wisata: Mendalami Pengertian, Tujuan, dan Komponen Vital untuk Pemberdayaan Lokal

tujuan
Desa Wisata: Mendalami Pengertian, Tujuan, dan Komponen Vital untuk Pemberdayaan Lokal

TRAVELNESIA.ID,Wonosobo – Desa wisata merupakan sebuah komunitas atau masyarakat yang terdiri dari penduduk dalam suatu wilayah terbatas. Mereka saling berinteraksi secara langsung di bawah pengelolaan bersama, dengan penuh kepedulian dan kesadaran untuk berperan bersama, mengadaptasi keterampilan individual yang beragam.

Tujuan pembentukan desa wisata adalah memberdayakan masyarakat agar dapat berperan aktif sebagai pelaku langsung dalam meningkatkan kesiapan dan kesadaran mereka dalam menghadapi potensi pariwisata atau daya tarik wisata di wilayah masing-masing desa.

Selain itu, tujuan pembentukan desa wisata juga melibatkan peningkatan posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku kunci dalam pembangunan sektor pariwisata. Desa wisata diharapkan dapat bersinergi dan bermitra dengan pemangku kepentingan terkait guna meningkatkan kualitas perkembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Sedangkan, tujuan lainnya adalah membangun dan menumbuhkan sikap dukungan positif dari masyarakat desa sebagai tuan rumah, melalui penerapan nilai-nilai Sapta Pesona.

Fungsi Desa Wisata

Desa wisata memiliki peran sebagai wadah langsung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi lokasi sebagai destinasi wisata.

Sebelum membangun desa wisata, ada tiga komponen yang perlu diperhatikan:

  1. Kondisi Desa Saat Ini

Untuk mengidentifikasi potensi wisata desa, pihak desa perlu memiliki basis data yang komprehensif mengenai lahan, lokasi, daerah, dan ekosistem yang dapat mendukung pengembangan lokasi wisata. Langkah ini dapat dilakukan melalui kegiatan seperti pengumpulan data dan kerjasama dengan berbagai pihak ketiga.

  1. Keadaan Masyarakat dan Struktur Organisasi

Pengelolaan desa wisata akan lebih berhasil jika dilakukan oleh pihak desa itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan organisasi khusus yang bertanggung jawab atas pengelolaan desa wisata agar dapat berkelanjutan, serta adanya pihak yang menentukan arah pengembangan desa wisata.

  1. Konsep Desa Wisata yang Unik

Keberhasilan desa wisata tidak hanya terletak pada potensi alam, tetapi juga pada konsep atau ide unik yang membedakannya dari destinasi wisata lain di daerah sekitarnya. Pembentukan konsep desa wisata dapat menjadi lebih tajam jika dipadukan dengan pemetaan wilayah yang dilakukan pada tahap awal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *