Destinasi Wisata Horor di Jawa Tengah

lawang sewu Semarang

Travelnesia.id – Jawa Tengah terkanal akan ragam potensi wisata yang menawan. Tak ayal banyak destinasi wisata yang menjadi magnet para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak sedikit berbagai destinasi wisata yang ada tersebut masih menyimpan misteri yang sulit bahkan belum terpecahkan.

Read More

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang senang akan destinasi wsiata yang terkesan seram bahkan menakutkan.

Bagi wsiatawan yang hobi akan hal tersebut, maka bisa dicoba sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah yang terkenal ‘horor’ . Berikut Travelnesia rangkum beberapa destinasinya.

Lawang Sewu (Semarang)

Tidak jarang orang-orang yang mengetahui Lawang Sewu ini juga mengetahui misteri yang ada di baliknya.

Tempat yang menjadi ikon Kota Semarang ini pada awalnya merupakan sebuah kantor kereta api milik Pemerintah Belanda yang didirikan sejak tahun 1904.

Namun, fungsinya beralih menjadi saluran pembuangan air dan penjara bawah tanah yang kerap digunakan untuk menyiksa para tahahan pada masa penjajahan Jepang.

Bangunan ini pun menjadi saksi bisu pertumpahan darah yang menewaskan ribuan nyawa saat Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Sejak pasca-kemerdekaan Indonesia, gedung ini sempat digunakan sebagai kantor PT. Kereta Api Indonesia (dulu Djawatan Kereta Api Indonesia).

Sejarahnya yang panjang dan sarat akan perjuangan dan pertempuran membuat Lawang Sewu dikenal dengan imej horor.

Hal ini diperkuat dengan pengakuan para pengunjung yang beberapa kali melihat maupun merasakan hal-hal di luar nalar manusia, terutama di ruang bawah tanahnya.

Terlebih lagi banyak stasiun televisi yang melakukan syuting di tempat ini dengan membawa ‘orang pintar’ untuk menyorot sisi mistis dari Lawang Sewu.

Gunung Lawu (Karanganyar)

Kebanyakan orang mungkin sudah tidak heran dengan cerita horor yang terjadi saat seseorang mendaki gunung.

Gunung merupakan salah satu tempat yang dinilai paling banyak ‘penunggu’ yang kerap mengganggu pendaki, tidak terkecuali Gunung Lawu yang memang terkenal dengan cerita mistisnya.

Salah satu cerita horor paling populer mengenai Gunung Lawu adalah keberadaan ‘pasar setan’.

Konon katanya, pendaki yang ‘tidak sengaja’ melewati pasar setan ini mendengar suara rebut layaknya sedang berada di tengah keramaian.

Terkadang juga pendaki dapat mendengar suara orang berbisik ‘Mau beli apa?’ yang tentu tidak ada wujudnya.

Baca Juga: Pernah Nonton Tari Kecak di Bali? Ini Asal Usul dan Makna yang Dikandungnya

Studio Lokananta (Solo)

Lokananta merupakan studio musik yang sering dijadikan tempat rekaman bagi para musisi.

Studio ini juga menyimpan seperangkat gamelan yang sudah lama tidak digunakan sebagaimana mestinya karena dianggap ‘kuno’ bagi masyarakat Indonesia terutama anak muda.

Konon, gamelan ini sering bermain sendiri tanpa ada yang memainkan, yang dibuktikan sendiri oleh penjaga studio Lokananta tersebut.

Air Terjun Grojogan Sewu (Tawangmangu)

Salah satu destinasi menawan nan horor yang dimiliki Jawa Tengah ialah Air Terjun Grojogan Sewu yang terkenal dengan keberadaan patung ular.

Menurut legenda, patung ular ini dipercaya sebagai gerbang untuk menuju alam lain.

Cerita horor ini diperkuat dengan cerita-cerita yang dibagikan pengunjung kala melihat sosok kuntilanak dan juga Kyai Baladewa.

Benteng Van Der Wijck (Kebumen)

Satu lagi bangunan peninggalan Belanda yang memiliki kisah angker yang membuat bulu kuduh berdiri, yaitu Benteng Van Der Wijck.

Benteng yang didominasi warna merah ini konon katanya menjadi tempat peristiwa-peristiwa buruk, seperti pembunuhan, pemerkosaan, hingga tempat gantung diri.

Menurut penuturan pengunjung, mereka mendengarkan suara rintihan perempuan, terutama di ruangan atau sudut tertentu dari benteng ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.