Travelnesia, Jakarta: Kecintaan Aditya Indra, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), terhadap mobil ternyata berujung pada bisnis Hotwheels yang sukses. Awalnya, pada pertengahan 2021, Adit hanya membeli model Hotwheels pertama dari mobil favoritnya. Namun, tanpa disangka, koleksinya terus berkembang pesat dan kini hampir mencapai 300 unit!
Pada awal 2022, Adit mulai membeli lebih banyak Hotwheels dari toko mainan dan online. Iseng-iseng yang awalnya hanya hobi, ternyata semakin menjadi kebiasaan yang makin besar. Tak lama, Adit bergabung dengan komunitas Hotwheels di Facebook, dan di sana ia menemukan peluang mobil-mobil mini yang ia beli bisa dijual lagi. Dari situ, Adit mulai melakukan transaksi jual beli Hotwheels dengan sistem COD.
Memasuki akhir 2022, Adit semakin serius mengembangkan bisnisnya. Ia membuka toko online StridyWheels di Tokopedia dan Shopee, memungkinkan dirinya mengirimkan Hotwheels ke luar kota dan memperluas pasar. Pada 2023, Adit semakin memanfaatkan media sosial, membuat akun TikTok untuk live sale dan berinteraksi langsung dengan penggemar Hotwheels.
“Niat awalnya memang ingin serius memperbesar jualan dan koleksi ini, tapi semakin lama, semakin banyak mobil-mobil yang bagus dengan harga yang semakin tinggi. Jadi, akhirnya saya cuma nambah sedikit-sedikit saja untuk jualan dan koleksinya,” ujar Adit dalam wawancaranya di program Sore Ceria (20/11/24).
Kini, bisnis Hotwheels Adit terus berkembang pesat, dan ia semakin sukses sebagai pengusaha muda. Dari sekadar hobi yang dimulai dengan iseng, Adit berhasil mengubahnya menjadi bisnis yang nggak hanya menguntungkan, tapi juga seru dan penuh tantangan. (Putri Bunga Dahlianty- Institut Bisnis Nusantara)
Sumber : RRI (fzh)