Daftar Wisata di Kawasan Pantai Indah Kapuk

Daftar Wisata Di Kawasan Pantai Indah Kapuk
Daftar Wisata Di Kawasan Pantai Indah Kapuk

Travelnesia.id – Siapa bilang di kota besar Jakarta tidak punya destinasi wisata pantai yang cantik dan hits. Sejatinya ada banyak opsi wisata pantai menarik di Jakarta dan salah satu diantaranya adalah Pantai Indah Kapuk atau PIK. PIK merupakan salah satu destinasi wisata alternatif di Jakarta selain Taman Impian Jaya Ancol,Kebun Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, danKepulauan Seribu.

Belakangan ini, areal elite yang terletak di Jakarta Utara tersebut tengah populer di kancah media sosial dan mendadak jadi destinasi wisata yang hits di tengah masyarakat. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke sana, yuk kenali kawasan ini lebih dalam.

Sejarah Pantai Indah Kapuk

Awal mulanya, kawasan Pantai Indah Kapuk 1 merupakan areal lahan kosong biasa yang belum termanfaatkan dengan baik. Seiring berjalannya waktu, areal yang semula berupa lahan luas yang kosong kini berubah menjadi sebuah kawasan elite baru dan terlengkap.

Namun, di tangan sebuah perusahaan properti terkemuka Indonesia, kawasan tersebut telah berubah menjadi salah satu areal perumahan yang paling bergengsi di seluruh DKI Jakarta.

Tidak hanya perumahan saja, kawasan PIK tersebut juga mempunyai beberapa bangunan-bangunan lain seperti

  • Shopping Mall PIK Avenue, area pusat belanja
  • Waterboom PIK, wahana air atau kolam renang Pantai Indah Kapuk
  • International School
  • Rumah Sakit
  • Fresh Market
  • Lapangan Golf

Dan saat ini, PIK juga sudah dikenal sebagai kawasan trendsetter kuliner di Jakarta Utara dengan beberapa pilihan tempat makan seperti:

  • Holly Wings PIK
  • The Garden PIK
  • Food Street PIK

Setelah melihat keberhasilan pengembangan kawasan Pantai Indah Kapuk 1, perusahaan properti tersebut juga turut merancang Kota Baru PIK 2 dengan penataan dan layout kota berstandar internasional.

Kawasan PIK 2 memiliki layout, tata kota, dan fasilitas kota yang lebih unggul dibandingkan dengan kawasan PIK 1.

Sekilas tentang Wisata Pantai Indah Kapuk

Pantai ini merupakan kawasan wisata di bagian utara Jakarta yang terdiri dari wisata pantai hingga wisata kuliner. Baru-baru ini, kawasan tersebut dikenal mempunyai banyak daya tarik unik dan bernuansa elite.

Dulunya, kawasan PIK hanyalah sebuah areal perumahan timur laut Jakarta yang tidak ada bedanya dengan kompleks perumahan pada umumnya. Namun siapa sangka bahwa kini kawasan tersebut sudah jadi destinasi wisata baru untuk masyarakat sekitaran Jakarta.

Kawasan wisata di PIK ini bisa pengunjung nikmati di hampir segala waktu mulai pagi, siang, sore, hingga malam. Apapun waktunya, tetap sama-sama menyenangkan dan bisa menyuguhkan nuansa uniknya tersendiri.

Tak banyak yang tahu bahwa kawasan wisata tersebut punya rekomendasi dan destinasi wisata unik lainnya yang patut untuk dikunjungi. Jika Anda ingin memiliki pengalaman wisata di Pantai Indah Kapuk Jakarta yang seru dan variatif, jangan lupa kunjungi salah satunya ya!

Daya Tarik

Mengapa sih kawasan PIK bisa jadi objek wisata baru yang hits? Hal tersebut karena kawasan wisata ini memiliki segudang daya tarik unik yaitu:

Sesuai dengan namanya, Pantai PIK 2 merupakan objek wisata pantai Jakarta yang berlokasi di area Pantai Indah Kapuk 2. Salah satu daya tarik yang berhasil mencuri perhatian para pengunjung adalah luasnya hamparan pasir putih yang indah dan bersih.

Pantai Indah Kapuk pasir putih ini juga dilengkapi dengan pohon-pohon palem yang tinggi dengan jarak tanam yang diatur dengan rapi.

Jika Anda sedang berada disana, rasanya seperti sedang bertamasya di kawasan pantai California, Amerika Serikat yang cantik, eksotik, dan ikonik. Sebuah keunikan yang jarang Anda rasakan di pantai-pantai lain di Indonesia.

Namun sayangnya jadwal buka Pantai PIK 2 masih sangat terbatas serta tidak semua area pantai di PIK 2 bisa dibuka untuk umum. Pantai Indah Kapuk buka jam berapa? Pantai PIK 2 hanya dibuka pada pukul 15.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Berapa harga tiket Pantai Indah Kapuk 2? Kabar baiknya, Anda bisa merasakan keindahan pantai pasir putih eksotis ini secara gratis. Untuk lokasi lengkapnya ada di Dadap, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Salah satu destinasi yang patut Anda kunjungi saat selanjutnya adalah Pantjoran PIK. Pantjoran PIK merupakan kawasan wisata kuliner menarik bernuansa Tionghoa dengan beragam sajian lezat yang dapat menggoyang lidah Anda.

Di sana, Anda akan berkesempatan untuk mencicipi makanan lezat khas Tionghoa seperti bakpao, dimsum, nasi hainan, bakmi, dan masih banyak lagi.

Setidaknya Anda bisa menikmati satu porsi menu makanan di Pantjoran PIK dengan kisaran harga mulai dari Rp55.000/ porsi. Untuk lokasinya, Pantjoran PIK terletak di kawasan Golf Island, Pantai Maju, PIK.

Jika sedang berada di kawasan PIK 2, jangan lupa mampir ke salah satu pantai ikonik yaitu Pantai San Antonio. Kawasan pantai ini mengelilingi seluruh pulau reklamasi di sekitarnya.

Secara tampilan, Pantai San Antonio bukan termasuk pantai pasir putih . Tepian pantai ini memiliki jalur yang relatif lebar dan sering digunakan sebagai track kendaraan bermotor, sepeda, maupun area jogging.

Jalur tersebut juga dikenal dengan sebutan Jalasena atau Jalur Jalan Sehat dan Sepeda Santai. Tempat ini akan jadi lokasi yang cocok untuk bersantai di pagi maupun sore hari.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari jalan santai, bersepeda, dan memandangi keindahan laut yang membentang.

Namun perlu Anda ketahui bahwa di sepanjang Jalasena, pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok, membuang sampah sembarangan, dan menaiki skuter listrik. Hal tersebut diberlakukan demi menjaga kenyamanan pengunjung lain yang tengah asik bersantai di Pantai San Antonio ini.

Selain memiliki kawasan Pecinan, di PIK 2 juga memiliki destinasi wisata ala Pulau Dewata bernama Urban Farm PIK 2.

Di sana, Anda melihat dekorasi interior indah khas Bali beserta deretan tanaman hijau yang segar dan estetik. DI Urban Farm, Anda juga berkesempatan untuk menemukan dan mencicipi brand kuliner terkemuka di Bali seperti GIOI, Toby’s Estate, dan Monsieur Spoon.

Urban Farm benar-benar mendefinisikan nuansa Bali vibes secara unik dan autentik. Jika Anda belum mampu pergi ke Bali setidaknya Urban Farm PIK 2 bisa jadi permulaan kecil sebelum bertandang ke Pulau Dewata asli.

Kawasan wisata alam di dekat PIK 2 selanjutnya adalah ekosistem hutan mangrove asri dan tak boleh Anda lewatkan. Di sana, Anda akan diajak berkeliling di atas jembatan untuk menikmati hijaunya hutan bakau yang ada di Jakarta.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu ke pihak penyewa untuk menjelajahi dan menyisir hutan bakau secara mendalam. Pengunjung juga berkesempatan untuk merasakan sensasi menanam pohon mangrove melalui short course yang disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Melalui short course tersebut, Anda dapat belajar tentang cara menanam dan merawat pohon bakau secara langsung sembari mengenal pengetahuan seru lainnya.

Jika Anda ingin mencoba menginap di kawasan wisata tersebut, pihak pengelola juga menyediakan beberapa cottage yang bisa pengunjung sewa untuk bermalam di area wisata Hutan Mangrove PIK.Mau mampir kemana saja nih saat sampai di Pantai Indah Kapuk nanti? Jangan lupa tetap taati segala peraturan berwisata dengan sebaik-baiknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.