5 Tempat Wisata Bersejarah di Kota Medan yang Wajib Dikunjungi

Medan – Tahukah detikers, Kota Medan memiliki banyak wisata dengan warisan sejarah? Di Kota Medan banyak objek wisata yang punya nilai-nilai sejarah yang tentunya wajib banget detikers kunjungi.
Tempat wisata bersejarah di Kota Medan menjelma menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan bagi para pencinta sejarah dan budaya.

Dari keindahan arsitektur bangunan serta cerita dengan segudang sejarah di dalamnya, merangkum kisah-kisah lama yang terus memikat hati para pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Berikut lima tempat wisata bersejarah di Kota Medan yang wajib detikers kunjungi:

  1. Istana Maimun

Istana Maimun merupakan Salah satu ikon Kota Medan yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Kota Medan. Istana tersebut merupakan peninggalan kesultanan Deli.
Keunikan dan daya tarik dari Istana Maimun ini dapat dilihat dari desain bangunan khas Timur Tengah, perabotan dengan khas Eropa, serta peninggalan kerajaan yang tiada dua.

Di Istana Maimun menyediakan penyewaan busana baju adat Melayu lengkap dengan aksesorisnya yang digunakan untuk berfoto dengan biaya sewanya sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu per setel pakaian.

Jika detikers ingin mengunjungi Istana Maimun kamu perlu menyiapkan budget dengan tiket masuk seharga Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Kamu dapat mengeksplorasi keindahan Istana Maimun setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

  1. Masjid Raya Al Mashun

Tidak jauh dari Istana Maimun, ada Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al-Mashun, hanya berjarak hanya 300 meter saja dari Istana Maimun. Masjid Raya Medan ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Masjid ini adalah salah satu peninggalan dari seorang Sultan Deli di Sumatera Utara yang bernama Sultan Ma’Moen Al Rasyid Perkasa Alam.

Sebagian dari bahan dekorasi bangunan masjid ini dibuat di negara Italia. Penampakan Masjid Raya ini begitu megah serta mengagumkan dan dikagumi orang lantaran memiliki bentuk tidak sama dengan masjid biasanya.

Masjid yang berdiri pada tahun 1906 ini dikenal sebagai salah satu bangunan tertua dan juga memiliki nilai sejarah yang tinggi dan monumental bagi masyarakat Medan khususnya.

Mesjid raya ini buka setiap hari dan masuk tanpa dipungut biaya.

  1. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion adalah tempat bersejarah selanjutnya yang wajib kamu kunjungi lho detikers. Tjong A Fie Mansion merupakan rumah milik seorang perantau dari Guangdong yang bernama Tjong Fung Nam yang lebih dikenal dengan nama Tjong A Fie, seorang saudagar dan filantropis yang berasal China yang akhirnya menetap di Kota Medan Sumatera Utara.

Tjong A Fie Mansion dibangun pada tahun 1895 dan berdiri pada tahun 1900. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, bangunan ini masih terlihat kokoh. Tjong A Fie Mansion ini mulai dibuka untuk umum pada 2009 sebagai bangunan cagar budaya.

Bangunan Tjong A Fie Mansion ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Pengunjung bisa mendapatkan banyak pelajaran mengenai sejarah dan budaya Tiongkok di Kota Medan.

Tjong A Fie Mansion buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Dan dengan harga tiket masuk Rp 35 ribu per orang.

  1. Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara

Jika detikers ingin tau wisata tempat bersejarah dari sebuah museum, museum yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin tahu seluk beluk tentang Sumatera Utara.

Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Yoesoef pada tanggal 19 April 1982. Dan pada peletakan koleksi pertama, berupa benda arkeologis makara, dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno pada tahun 1954, yang kemudian membuat museum ini terkenal dengan nama Gedung Arca.

Koleksi Museum Negeri Sumatera Utara ini berisi berupa benda-benda peninggalan sejarah dan masa prasejarah, klasik pengaruh Hindu-Buddha, Islam, sejarah perjuangan, serta berisi mata uang zaman dulu, dan jumlah koleksi museum hingga 2005 sebanyak 6.799 koleksi.

Museum ini terletak di Jalan HM. Joni No.51, Teladan Bar., Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Jam buka Museum Negeri Sumatera Utara ini adalah Selasa-Minggu pukul 08.30-12.00 WIB dan pukul 13.30-17.00 WIB. Lalu untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp. 3 ribu per orang.

  1. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman merupakan kuil tertua di Sumatera Utara. Kuil Shri Mariamman diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara pada tahun 1991.
Kuil Shri Mariamman ini berlokasi di Jalan Teuku Umar No.18, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Dengan adanya Kuil Shri Mariamman ini menunjukkan bahwa Kota Medan merupakan kota yang memiliki keberagaman budaya serta toleransi, yang dimana kuil ini merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu.

Yang menjadi daya tarik dari kuil ini adalah gaya arsitekturnya yang terlihat cantik. Bangunan kuil ini dibangun dengan gaya arsitektur India yang dihiasi dengan gapura berwarna hijau yang ada di atas pintu gerbang kuil.

Jika ingin masuk ke kuil ini alangkah lebih baik datang saat pagi dengan memakai pakaian sopan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *