Destinasi Wisata Alam Dieng Negeri Diatas Awan

Foto/Istimewa

Travelnesia.id – Dieng adalah salah satu daerah dataran tinggi di Jawa Tengah yang masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo.

Wonosobo sendiri merupakan salah satu derah yang terkenal akan keindahan alamnya. Berada di ketinggian yang cukup sehingga sering disebut sebagai negeri diatas awan .

Dieng sendiri merupakan destinasi wisata yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Secara geografis destinasi wisata Dieng diapit oleh dua gunung yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Sehingga menciptakan pesona alam nan Indah kalap nilai sejarah.

Hal itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata Dieng.

Seperti diketahui masyarakat Dieng juga memiliki tradisi khas seperti ruwatan bagi anak yang memiliki rambut gimbal.

Ruwatan di Dieng menjadi agenda rutinan dalam acara Dieng Culture Festival yang telah rutin diselenggarakan setiap tahunya, selama 9 tahun terakhir.

  1. Telaga Warna

Telaga warna menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kalangan masyarakat karena keunikan fenomena alam yang dimilikinya.

Bagaimana tidak? Warna air dari telaga kerap kali berubah warna akibat kandungan sulfur yang tinggi. Kondisi ini membuat Air di telaga tersebut akan berubah-ubah warna secara sendirinya mulai dari warna merah, hijau, kuning, dan warna-warna lainnya.

  1. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan destinasi wisata pendakian yang paling populer di kawasan Dieng. Dengan ketinggian sekitar 2.565 mdpl.

Gunung Prau menawarkan keindahan pemandangan lanskap dari kedua gunung besar di Jawa Tengah yakni gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Bahkan panorama sunrise atau matahari terbit di gunung prau juga menjadi yang terbaik se-asia tenggara.

  1. Bukit Sikunir

Hampir sama dengan gunung Prau yang sama-sama menyajikan panorama matahari terbit yang indah. Disini kamu akan melihat proses matahari terbit yang tampak malu-malu muncul dari hamparan awan tebal.

Bukit Sikunir sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.300 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 30 sampai dengan 45 menit.

  1. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin juga merupakan salah satu ikon wisata Dieng Wonosobo dengan khas dua batu besar yang berdampingan.

Lokasinya berdekatan dengan telaga warna, tepatnya di sebelah selatan telaga dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Walaupun cukup tinggi, namun destinasi ini menjadi tempat terbaik untuk memandang pesona alam Dieng.

  1. Kompleks Candi Arjuna

Beralih dari kawasan Dieng Wonosobo, Kompleks Candi Arjuna merupakan destinasi wisata di Kawasan dieng yang terkenal akan warisan budayanya.

Walaupun sudah termasuk kawasan Dieng Banjarnegara, Kompleks Candi Arjuna juga pantas kamu kunjungi bersama rombongan wisata maupun study tour.

Selain lokasinya dekat dengan destinasi-destinasi wisata yang ada di Dieng Wonosobo, tempat ini juga menyimpan segudang ilmu sejarah yang pantas dipelajari oleh para siswa.

Kompleks Candi Arjuna yang merupakan sisa-sisa peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno sejak abad ke-8 Masehi. Tepatnya pada masa-masa Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

  1. Kawah Sikidang

Masih di kawasan Dieng Banjarnegara yang berdekatan dengan wisata Dieng Wonosobo, tentunya kamu juga bisa mengunjungi wisata alam langka berupa kawah api yang bernama Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang merupakan wisata alam geologi berupa kawah yang masih aktif hingga saat ini.

Kawah ini terbentuk dari sisa-sisa letusan gunung api purba di wilayah Dieng.

Saat memasuki area kawah, kamu bisa menyaksikan secara langsung kawah aktif yang berbentuk lubang besar dengan kepulan asap yang tebal. Terdapat pula lumpur panas yang meletup-letup yang dapat dilihat dengan mata secara jelas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *