Wisata Baru di Magelang, Gardu Pandang Taman Elang dan Monumen Tanah Air Satu Bangsa

Travelnesia/Dok

Travelnesia.id – Gardu Pandang Taman Elang Jawa dan Monumen Tanah Air Satu Bangsa menjadi objek wisata baru di Gunung Tidar Kota Magelang. Tak sekadar berwisata ziarah, pengunjung bisa menikmati lanskap dari puncak gunung ini.

Gardu Pandang Taman Elang Jawa menempati puncak Gunung Tidar di sisi timur. Dari sini, pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit serta Gunung Merapi dan Merbabu.

Read More

Kepala UPT Gunung Tidar, Yhanurcahyo menuturkan, terdapat simbol elang jawa sebab burung ini ialah burung endemik kawasan pegunungan daerah Magelang.

“Gardu pandang ini memberi efek positif bagi tingkat kunjungan wisatawan ke Gunung Tidar. Triwulan pertama saja tingkat kunjungan sampai 60 persen dengan dominasi pelajar dan peziarah dari berbagai daerah,” ujarnya.

Adapun Monumen Tanah Air Satu Bangsa merupakan tanda bahwa Kota Magelang pernah jadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional XXXIV pada 9 September 2017 lalu.

Yhanurcahyo menyebut, dengan anggaran sebesar Rp1 miliar, monumen ini memasuki tahap finalisasi pada 2021.

Ada empat pilar sebagai penyangga monumen dan instalasi bola yang terukir peta Indonesia di tengah monumen, lanjutnya. Bola ini menyimbolkan bentuk lengkung, di mana bola hanya memiliki titik pusat. Desain lengkung mempunyai karakteristik elastisitas yang memungkinkan bangunan mencapai keseimbangan.

“Bola di monumen itu mencerminkan adanya keselarasan dan kesatuan, meskipun para peserta olahraga berasal dari lain daerah. Desain lengkung juga mempunyai makna spiritual yang berasal dari sifat bola alam semesta,” jelasnya.

Selain bola, ada obor yang disangga oleh empat pilar. Bentuk obor seperti ornamen berwarna kuning yang memiliki simbol sebagai kemakmuran dan kejayaan. Obor dijadikan sebagai simbol semangat para duta olahraga terbaik daerah dalam meraih prestasi.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih berujar, Gunung Tidar merupakan destinasi andalan Kota Magelang. Dia mengaku pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat agar Gunung Tidar tetap terjaga keasriannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.