Goa Sriti – Wisata Sejerah Yogyakarta yang Edukatif

Goa Sriti
Goa Sriti

YOGYAKARTA Travelnesia.id – Sebagai kota wisata Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, namun juga dengan tempat-tempat bersejarah dengan cerita penting dibaliknya, salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta adalah Goa Sriti.

Goa ini merupakan satu diantara banyak obyek wisata sejarah Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat Goa dan aneka obyek wisata lainnya yang bisa menjadi tujuan para wisatawan.

Read More

Goa yang terletak di Duku, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Goa Sriti adalah saksi sejarah dalam perebutan Indonesia dari kekuasaan penjajah.

Sejarah Singkat Goa Sriti

Diketahui pada zaman dahulu goa ini dijadikan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro pada masa kolonialisme Belanda. Di Goa Sriti inilah Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa disingkat menjadi Abdul Hamid.

Alasan dilantiknya Pangeran Diponegoro yaitu untuk menjadi pemimpin sebuah negeri yang merdeka sekaligus sebagai pemimpin agama.

Goa Sriti menjadi persembunyian kedua, dan pada akhir perlawanan Pangeran Diponegoro sebelum ditangkap di Magelang.

Keindahan Goa Sriti

Jalan menuju Goa Sriti sudah cukup bagus, berupa cor beton. Di kanan dan kiri jalan masih banyak ditumbuhi tumbuh-tumbuhan serta pepohonan yang memberikan nuansa asri sepanjang jalan gua.

Selain mendapatkan ilmu baru dari sisi sejarah, para pecinta fotografi tentunya akan suka dengan tempat wisata ini.

Gua ini berada di bawah tanah dan menjadi bagian dari desa wisata Tinalah, yang menawarkan tempat wisata bersejarah dan juga keindahan gua yang dihiasi dengan stalagtit dan stalagmit berwarna putih.

Di dalam gua Anda dapat merasakan nuansa lembab dan gelap, yang sedikit memacu adrenalin.

Orang-orang yang datang untuk mengeksplorasi gua ini, biasanya akan datang atau dilengkapi dengan alat bantu penerangan berupa senter.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Goa Sriti

Setiap pengunjung yang datang ke Goa Sriti dikenakan tiket masuk dengan harga sebesar mulai dari Rp30.000, sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan Rp2.000 dan Rp5.000 untuk parkir mobil.

Untuk menjelajahi keindahan Goa yang berada di bawah tanah ini, adapun beberapa fasilitas yang disediakan untuk menikmati Gua ini antara lain seperti peralatan untuk cave tubing, alat pelampung, tempat parkir, dan juga kamar mandi.

Untuk waktu operasional tempat wisata ini, Goa ini buka selama 24 jam. Meski masih kental dengan nilai-nilai sejarah, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan tempat wisata Goa ini.

Lokasi Gua Sriti yang terletak tak jauh dari desa Tinalah, bisa jadi tujuan wisata selanjutnya Jika Anda masih memiliki sisa waktu. Anda bisa menikmati makanan atau minuman di restoran di desa tersebut dengan pemandangan hamparan sawah hijau yang menyegarkan mata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *