Pameran Seni Rupa FKY 2022 Mengambil Tema Mengelola Air dan Tanah

FKY 2022
FKY 2022

YOGYAKARTA, Tavelnesia.id – puluhan karya seni rupa di tampilkan pada Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2022. Pameran yang merupakan rangkaian dari FKY 2022 ini di selenggarakan di rumah Cendrawasih, Teras Malioboro 1 pada 12 sampai 21 September 2022.

Pameran Karya Seni Rupa ini mendapat antusias baik dari para pengunjung yang datang untuk menikmati Kesenian yang di pajang pada acara tersebut.

Read More

Pameran Karya Seni Rupa FKY tahun ini mengambil tema mengelola air dan tanah yang menjadi benang merah dari festival tahun lalu yang bertema api.

Latar Belakang Festival Seni Rupa FKY 2022

Antusias Pengunjung Festival Seni Rupa FKY 2022

Ada 3 hal yang menjadi Latar belakang pengambilan tema tersebut yaitu peran penting air dan tanah dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan praktik dan subjeknya, serta kemunculan isu tersebut pada tahun sebelumnya di gunungkidul dan kulon progo yang mampu dikaji lebih dalam

Stay Pameran Seni Rupa FKY 2022 Namira Putri mengatakan bahwa seniman tahun ini tak hanya dari kota Yogyakarta melainkan dari seluruh daerah Yogyakarta.

“Pameran tahun ini tak hanya dari kota Yogyakarta tetapi juga dari seluruh daerah Yogyakarta, salah satunya adalah seniman dari gunung kidul yang menggambarkan bagaimana air bersih di daerah yang dia tinggali” tutur Namira Putri.

Pameran FKY tahun ini tak hanya menampilkan karya dari seorang seniman saja tetapi juga karya dari juru kunci di gunung kidul.

“Ada karya Mbah Marni seorang juru kunci Sendang Telaga Saga Kelurahan Kemiri, Kapanewon, Tanjungsari, Gunung Kidul. Saat itu Dia melihat dua naga di sebuah perairan, kemudian dia bergegas pulang ke rumah untuk mencari kertas seperti jenis kardus kemudian menggambarkannya,” imbuh Namira. 

Pameran karya seni rupa ini adalah salah satu wadah untuk para seniman untuk mempromosikan karyanya dan memberi inspirasi pagi para penikmatnya, salah satunya adalah faiz (19) yang berkunjung untuk melihat karya seni rupa ini.

“karyanya semua bagus dan menarik, kebetulan saya juga suka menggambar dan bisa jadi bahan inspirasi gambaran saya kedepan” tutu faiz.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.